Cara Desain ID Card Simple dan Keren

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh cara desain ID Card simple tapi keren spesial untuk sobat semua. Di indonesia ID Card sering juga disebut sebagai kartu identitas. Kebanyakan ID Card digunakan untuk kartu identitas karyawan, anggota perusahaan, organisasi, panitia sebuah acara dan lain sebagainya. Pasti diantara sobat semua mempunyai id card, semua orang punya id card, kecuali yang masih anak-anak, hehe.. Apa saja sih manfaat dan fungsi id card? berikut akan saya jelaskan secara rinci, silahkan disimak :

1. Memberikan kesan positif di lingkungan kerja. Karena pada saat semuanya memakai id card maka akan memberikan kesan yang rapi dan formal, sehingga ketika ada tamu penting sebuah perusahaan akan bernilai positif.
2. Memudahkan orang lain mengenal diri kita. Dari sekian banyaknya karyawan pada suatu perusahaan atau kantor kita dapat dimudahkan dalam mengenal orang lain, tidak perlu repot-repot bertanya siapa nama dan dibagian apa mereka bekerja, dengan id card kita dapat langsung mengetahuinya.
3. Keamanan, Dengan id card dapat membedakan mana karyawan dengan mana yang bukan karyawan, anggota atau bukan sehingga dapat menghindari sesuatu yang tidak diinginkan seperti penyusupan dan lain sebagainya.
4. Dapat digunakan sebagai alat absensi. Pada jaman yang modern ini id card sudah dipakai untuk alat absensi kehadiran oleh perusahaan besar didunia.
5. Memudahkan acces control. Dimana pada suatu perusahaan ada beberapa ruangan yang tidak dapat dimasuki oleh sembarangan orang, hanya orang tertentu saja yang boleh masuk, dengan id card dapat memudahkan hal tersebut.
Nah sekarang sudah mengerti kan kegunaan dan manfaat id card / tanda pengenal, dalam segi spesifikasi dan bentuknya pun dibedakan menjadi tiga loh, berikut penjelasannya :

Kartu Biasa. Kartu jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan pribadi, seperti kartu pengenal pribadi, contohnya seperti KTP, kartu tanda anggota, dan lain sebagainya.
Kartu Magnetic. Jenis kartu ini memiliki garis panjang berwarna hitam dibagian belakangnya yang berisikan data rahasia pemegang id card tersebut. Cara penggunaannya bisa digesek seperti kartu atm, bisa dipindai saja, tergantung sesuai dengan fungsinya untuk apa.
Disini saya akan memberikan sedikit contoh desain kartu nama yang pernah saya buat. Ini merupakan desain id card panitia dan desain id card organisasi internasional pertukaran budaya se ASIA yang bernama APIMUNetwork. Bisa sobat jadikan referensi untuk inspirasi desain apabila ingin membuat desain id card. Semoga bermanfaat, langsung saja berikut gambar desain nya :

Desain ID - Card ID - Card id cardmp ID-Card (1) id-card

Satu pemikiran pada “Cara Desain ID Card Simple dan Keren

Tinggalkan komentar